... DAKWAH > untuk Kemajuan diri dan Ummat I Qur'an > jantungnya Surat Yaasin I Masjid > jantungnya masyarakat Islam I Shalat berjamaah > jantungnya masjid I Silaturahmi > jantungnya umat Islam I Dakwah > jantungnya agama I Pengorbanan > jantungnya dakwah I Musyawarah > jantungnya pengorbanan I Sami'na wa atha'na > jantungnya musyawarah I Dakwah > maksud hidup I Hidup > dakwah I Dakwah > sampai mati I Mati > dalam dakwah I La ilaaha illallah muhammadur rasulallah ....

Thursday 26 November 2015

Pentingnya Menjaga Nisab Tiga Hari (II)

Tiga hari adalah waktu yang sebentar. Kalaulah dalam 3 hari ada keperluan yang mengganggu selama kita I’tikaf, maka jangan katakan daftari. Katakan saja, saya niat I’tikaf selama 3 hari penuh, namun ada keperluan dakwah di kantor, warung, gerai, dll. Sebab meluruskan niat sangat penting. Jadi jangan ucap “saya niat I’tikaf 3 hari secara daftari.”

Niat seorang muslim lebih baik dari amalannya. Allah swt benar-benar adil sehingga niat seseorang lebih dicatat secara sempurna. Misalnya ada seorang muslim yang meninggal pada usia 60 tahun, maka setelah amalnya dihisab akhirnya akan ke surga juga untuk selama-lamanya. Begitu juga jika ada orang yang tidak beriman, katakan saja, meninggal pada usia 60 tahun, maka ia akan di neraka selama lamanya. Bagi Allah semuanya adil. Sebab, orang yang beriman tadi niat seumur hidup beriman kepada Allah Swt. Seandainya usianya mencapai 250 tahun, ia akan tetap beriman. Begitu juga dengan yang tidak beriman.


Jadi wajar. Apabila ada orang yang biasa shalat subuh ke masjid, lantas ada kalanya ia ketiduran, maka Allah Swt catat tetap berikan pahala. Ketiduran dianggap Allah Swt  sebagai sedekah saja. Begitu juga orang yang susah payah menghafal Qur’an lantas belum sempat khatam 30 juz ia keburu dipanggil Allah Swt, maka di dalam kubur akan di kirimkan malaikat untuk membantunya menghafal Qur’an, sehingga waktu dibangkitkan akan berada di barisan orang yang hafal Qur’an.. Aaamiieen…


Niat sangat penting. Amalan yang sudah istiqomah dilakukan, lantas ketika mau melakukan lagi ada halangan, insya Allah tetap mendapat pahala. Yang penting manjaga niat, terus niat, dan istiqomah dalam niat dan amal.


Hadirin yang dimuliakan Allah Swt

Dalam waktu yang sebentar ini, nisab 3 hari ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Antara lain ;
Niat perbaikan tauhid
Niat perbaikan aqidah
Niat perbaikan mu’amalah
Niat perbaikan mu’asyarah
Niat perbaikan akhlaq

Juga dalam keluar 3 hari perlu perbaikan

4 hal yang perlu diperbanyak..
Dakwah ilallah
Ta’lim wa ta’lum
Dzikir ibadah
Hidmat
     


No comments:

Post a Comment

Komentar dari kamu, menjadi sedekah yang dicatat Allah. Silahkan beri komentar untuk kemajuan blog ini.